Minggu, 03 Mei 2009

FLU BABI

Tentang Flu Babi

berita penting April 30th, 2009


Sekedar sharing sedikit info tentang flu babi ya…
Flu babi adalah jenis penyakit pernafasan yang umumnya menjangkiti hewan ternak babi. Penyakit ini disebabkan oleh influenza tipe A, dimana penyakit ini berpotensi mewabah rutin pada babi dengan frekuensi jumlah kasus cukup tinggi namun jarang menjadi fatal.

Namun pada akhir Maret 2009 ditemukan kasus virus babi dengan jenis baru yang disebabkan oleh influenza tipe A subtipe H1N1 yang merupakan kombinasi antara flu babi, flu burung, dan flu manusia. Versi paling baru H1N1 berbeda: virus baru tersebut memuat materi genetik yang khas ditemukan dalam virus yang menulari manusia, unggas dan babi. Badan Kesehatan Dunia (WHO), membenarkan bahwa setidaknya sejumlah kasus adalah versi H1N1 influenza tipe A yang tidak pernah ada sebelumnya.
Flu babi biasanya tidak menjalar pada manusia, meski kasus sporadis juga terjadi dan biasanya pada orang yang berhubungan dengan babi. Fenomena zoonotics (penyakit yang ditularkan oleh hewan ke manusia, atau yang loncat spesies) memang merupakan ancaman kesehatan masyarakat yang nyata dan serius.
Penularan flu babi diperkirakan menyebar seperti flu musiman biasanya secara rutin yakni melalui batuk dan bersin. Dengan inkubasi 3 sampai 5 hari, secara umum penyakit ini mirip dengan influenza (Influenza Like Illness-ILI) dengan gejala klinis:
1. demam,
2. batuk pilek,
3. lesu dan letih,
4. nyeri tenggorokan,
5. napas cepat atau sesak napas,
6. terkadang disertai mual, muntah,
7. diare.
Pemerintah Amerika Serikat menyatakan dua obat yang biasa digunakan untuk mengobati flu, Tamiflu dan Relenza, tampaknya efektif dalam mengatasi kasus-kasus yang terjadi sejauh ini.
Namun demikian, masih belum jelas keefektifan vaksin flu yang kini ada dalam melindungi manusia dari virus baru ini, karena secara genetik berbeda dengan jenis flu lain.
Himbauan untuk mewaspadai dengan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, menutup hidung dan mulut apabila bersin, mencuci tangan pakai sabun setelah beraktivitas apapun. Adakan jarak higienis dengan hewan yang berpotensi terjangkit.
Penting untuk diketahui, segera lakukan proses pemeriksakan kesehatan apabila mengalami gejala flu apapun guna mendeteksi lebih dini kemungkinan terburuk yang ada.
Sumber: klikdokter.com
Share:

0 komentar:

welcome to aprasetailmu.blogspot.com, anime&pendidikan,by:harlivia.blogspot.com,aboutweare.blogspot.com, kursilmu.wordpress.com, anime&pendidikan by apraseta

Ad


This Blog is protected by DMCA.com