Selasa, 20 Desember 2011

Mengapa penyakit HIV/AIDS tidak bisa disembuhkan?

HIV/AIDS sejak pertama kali ditemukan pada awal tahun 80an, telah banyak merenggut nyawa. Berbagai upaya dilakukan untuk memberantas penyakit ini. Mulai dari pengembangan vaksin, pencarian obat, sampai kampanye untuk melakukan hubungan seks yang sehat. Tetapi, bukannya semakin berkurang atau lenyap, penyakit ini malahan terus menyebar hampir ke seluruh pelosok bumi dan menebar teror kematian.
Mengapa HIV/AIDS begitu sulitnya dimusnahkan? Mengapa teknologi kedokteran yang serba canggih saat ini tidak mampu mengatasinya?

Salah satu sifat HIV yang membuatnya sangat sulit diberantas (bahkan ada yang mengatakannya mustahil) adalah kemampuannya untuk masuk ke dalam untai DNA manusia dan menyembunyikan kode DNAnya di sana. Fase ini disebut fase laten. Baru setelah keadaan menguntungkan, kode DNA virus yang menyatu dengan kode DNA manusia akan aktif membuat virus baru. Fase ini disebut fase replikasi.
Obat-obat HIV yang ada saat ini hanya bertujuan membunuh virus yang aktif bereplikasi. Oleh karena itu, obat tersebut tidak pernah tuntas membunuh semua virus yang bercokol di dalam tubuh.
Mengapa tidak dibuat obat untuk membunuh virus pada fase laten? Sangat sulit. Karena membunuh virus pada fase laten sama saja membunuh sel manusia!
Cara lain yang diperkirakan dapat memberantas virus HIV adalah vaksin HIV. Tujuannya bukan untuk mengobati orang yang telah terinfeksi tetapi mencegah infeksi baru pada orang sehat. Sayangnya upaya ini juga mengalami kesulitan. Pasalnya, virus HIV mempunyai tingkat mutasi yang tinggi.
Nah, satu-satunya upaya yang cukup efektif yang bisa dilakukan saat ini adalah mencegah penularan. Caranya dengan menghindari hubungan seks risiko tinggi serta menghindari penggunaan jarum suntik secara bersama-sama. Jika ini sukses dilakukan, maka HIV akan berkurang bahkan bisa lenyap dari muka bumi. Tetapi pertanyaannya, mungkinkah menghilangkan sama sekali perilaku seks risiko tinggi? Juga penggunaan narkoba suntik?
Jawabannya kembali kepada kita semua.

http://www.catatandokter.com/2011/05/mengapa-penyakit-hivaids-tidak-bisa.html
Share:

0 komentar:

welcome to aprasetailmu.blogspot.com, anime&pendidikan,by:harlivia.blogspot.com,aboutweare.blogspot.com, kursilmu.wordpress.com, anime&pendidikan by apraseta

Ad


This Blog is protected by DMCA.com